Menghitung Jumlah Kata Dalam Cell Excel - Menghitung jumlah kata memang tidak terlalu sering dilakukan dalam Excel.
Biasanya penghitungan jumlah kata ini dilakukan dalam aplikasi pengolahan kata misalnya Microsoft Word.
Tentu saja dalam Microsoft Word telah tersedia menu khusus untuk menghitung jumlah kata.
Ini berbeda dengan Excel, karena dalam Excel tidak tersedia rumus khusus yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah kata.
Mungkin alasannya karena memang penghitungan kata ini cukup jarang dilakukan dalam Excel seperti yang saya sebutkan diatas.
Tetapi jika kita tetap ingin menghitung jumlah kata dalam Excel tentu masih bias dilakukan dengan bantuan beberapa rumus atau fungsi dasar yang telah disediakan oleh Excel.
Proses penghitungan ini tetap mmepunyai akurasi yang bagus meskipun tidak menggunakan rumus tersendiri.
Menghitung Jumlah Kata Dalam Excel
Menghitung jumlah kata dalam Excel akan dilakukan dengan menghitung hurufnya terlebih dahulu.
Tetapi pada akhirnya tetap kita akan menghasilkan jumlah dari kata atau kalimat bukan hurufnya.
1. Rumus Excel Untuk Menhitung Jumlah Kata
Seperti yang disebutkan diatas bahwa untuk menghitung jumlah kata kita akan menggunakan beberapa fungsi dasar yang telah disediakan oleh Excel.
Adapun fungsi dasar tersebut adalah sebagai berikut :
1. Rumus Excel LEN
Dalam Microsoft Excel rumus LEN ini tergabung kedalam kelompok Fungsi Teks.
Rumus Excel LEN dapat digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang terdiri dari angka, teks, spasi dan tanda baca lainnya.
Jadi hasil dari rumus LEN ini tidak hanya terdiri dari huruf atau angka saja tetapi spasipun tetap dihitung.
Dalam penghitungan jumlah kata rumus Excel LEN ini akan digunakan untuk menghitung keseluruhan kata yang terdapat dalam cell tersebut.
2. Rumus Excel SUBSTITUTE
Rumus Excel SUBSTITUTE ini sama dengan rumus Excel LEN yaitu berada pada kelompok Fungsi Teks.
Rumus Excel SUBSTITUTE dapat digunakan untuk mengganti teks lama dengan teks yang baru.
Dalam proses penghitungan kata dalam Excel rumus SUBSTITUTE ini akan digunakan untuk menghilangkah spasi sehingga kita bisa menghitung seluruh karakter tanpa spasi.
3. Rumus Excel TRIM
Rumus Excel TRIM juga sama dengan kedua rumus diatas yaitu berada pada kelompok Fungsi Teks.
Rumus Excel TRIM dapat digunakan untuk membuang spasi yang berlebihan karena kesalahan ketik.
Secara normal spasi itu hanya terdiri atau hanya diketik satu kali tetapi ada kalanya kita menekan spasi ini lebih dari satu kali.
Dengan rumus Excel TRIM kita akan menghilangkan kesalahan spasi tersebut sehingga tidak ada kesalahan pada saat menghitung jumlah kata yang akan kita lakukan.
Setelah mengetahui rumus - rumus yang digunakan untuk menghitung kata maka selanjutnya kita juga harus mengetahui bagaimana cara menggabungkan rumus tersebut untuk menghitung kata dalam Excel.
Normalnya dalam deret sebuah kalimat akan tertulis sebabagi berikut :
Aku(spasi)adalah(spasi)adh-excel.com
Silahkan perhatikan kalimat diatas, untuk menghitung kata dalam kalimat tersebut sebenarnya adalah spasi+1, tetapi dalam Excel tidak ada rumus yang bisa menghitung spasi.
Untuk itu langkah - langkah untuk menghitung kata atau kalimat dengan ketiga rumus Excel diatas adalah sebagai berikut :
- Hilangkan kesalahan spasi dengan rumus Excel TRIM, ini sebenarnya hanya antisipasi saja dan jikapun tidak ada kesalahan maka hitungan spasi ini akan tetap sesuai dengan yang seharusnya.
- Hitung seluruh teks dengan menggunakan rumus Excel LEN.
- Hilangkan seluruh spasi dengan menggunakan rumus Excel SUBSTITUTE.
- Hitung seluruh teks yang spasinya sudah dihilangkan.
- Langkah yang terakhir adalah mengurangi jumlah teks yang terdapat pada langkah yang ke-2 dengan seluruh jumlah teks yang terdapat dalam langkah yang ke-4.
Jika kesulitan mengikuti langkah - langkah tersebut diatas kita akan melihat contohnya dalam Excel.
2. Contoh Menghitung Jumlah Kata Dalam Excel
Untuk menghitung jumlah kata dengan rumus Excel TRIM, LEN dan SUBSTITUTE silahkan perhatikan gambar berikut ini :
Dalam gambar tersebut diatas saya akan menghitung kalimat "Aku adalah adh-excel.com".
Untuk menghitung jumlah kata tidak perlu dilakukan dengan rumus satu persatu tetapi kita akan menggabungkan rumus tersebut menjadi satu.
Adapun rumus dalam cell B7 adalah sebagai berikut :
=LEN(TRIM(B3))-LEN(SUBSTITUTE(B3;" ";""))+1
Seperti yang terlihat dalam gambar diatas hasil dari rumus yang kita gunakan adalah 3 dan tentu saja ini sama dengan jumlah kata yang sebenarnya.
Jadi, ketiga rumus Excel yang terdapat dalam kelompok Fungsi Teks memang bisa digunakan untuk menghitung kata dalam Excel.
Jikapun tedapat spasi yang salah ini sudah diantisipasi dengan menambahkan rumus TRIM sebelum menghitung keseluruhan teks dan spasinya.
Jadi tidak perlu khawatir dengan adanya kesalahan spasi yang mungkin saja secara tidak sengaja kita melakukannya.
Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menghitung jumlah kata dengan rumus dalam Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Post a Comment
Post a Comment