Menjumlahkan Angka Yang Digabungkan Dengan Teks Dalam Excel

Post a Comment
Menjumlahkan angka yang memiliki teks dalam Excel - Pada saat melakukan pengolahan data dalam Excel kadang - kadang entah sengaja atau tidak kita memasukan teks dan angka kedalam satu cell yang sama.
Selain itu mungkin juga kita pernah menarik data atau memperoleh data yang sumbernya dari database lain yang telah diekspor kedalam format Excel.

Kadang - kadang dalam data hasil ekspor dari database lain juga menggabungkan angka dengan teks dalam cell yang sama.

Dalam kondisi tersebut masalah yang mungkin muncul adalah bagaimana caranya jika kita ingin menjumlahkan angka yang terdapat dalam cell tersebut dengan rumus Excel ?.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam Excel terdapat beberapa rumus yang dapat digunakan untuk menjumlahkan angka.

Rumus Excel untuk penjumlahan yang paling umum dan sering digunakan adalah rumus Excel SUM.

Tetapi rumus Excel SUM tidak bisa menjumlahkan angka yang dalam cell atau rangenya digabungkan dengan teks.


Menjumlahkan Angka Yang Digabungkan Dengan Teks Dalam Excel



Sebenarnya penjumlahan angka yang digabungkan dengan teks tetap dapat dilakukan dengan menggunakan rumus Excel.

Sebatas yang saya ketahui ada dua cara untuk menghitung atau menjumlahkan angka yang mengadung teks dalam Excel.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan rumus SUM sedangkan cara yang kedua dengan memisahkan angka dari teksnya terlebih dahulu.

Kedua cara penghitungan diatas tentu saja tergantung dari kondisi data yang terdapat dalam cell Excel tersebut.



1. Menjumlahkan Angka Dengan Teks Menggunakan Rumus Excel  SUM dan SUBSTITUTE




Cara yang pertama adalah kita akan menggabungkan rumus Excel SUM dengan rumus Excel SUBSTITUTE.

Rumus Excel SUM seperti yang dijelaskan diatas dapat digunakan untuk menjumlahkan angka dalam cell atau range Excel.

Untuk kondisi seperti yang dijelaskan dalam artikel ini bahwa rumus Excel SUM tidak bisa menjumlahkan angka yang digabungkan dengan teks.

Solusinya adalah kita akan menggabungkan rumus Excel SUM dengan rumus Excel SUBSTITUTE.

Rumus Excel SUBSTITUTE dapat digunakan untuk mengganti atau menghilangkan teks tertentu didalam sebuah cell atau range.

Urutan pengerjaan dari kedua rumus tersebut adalah yang pertama kita akan menghilangkan teks yang terdapat dalam cell tersebut baru kemudian kita akan menjumlahkan angkanya dengan rumus Excel SUM.

Untuk contohnya silahkan perhatikan gambar beriktu ini :



menjumlahkan angka yang mengandung teks dalam excel dengan rumus sum dan substitute


Dalam gambar diatas terlihat bahwa cell angka digabungan dengan teks satuan sehingga rumus Excel SUM tidak bisa menjumlahkannya.

Untuk menghitung total dari masing - masing baris dalam data diatas langkah - langkahnya adalah sebagai berikut : 


  1. Klik cell D2
  2. Masukan atau ketik rumus : =SUM(SUBSTITUTE(A2:C2;"cm";"")+0)&" cm"
  3. Tekan tombol Shift+Ctrl+Enter secara bersamaan
  4. Copy pastekan rumus dari cell D2 sampai dengan D5


Fungsi dari menekan tombol Shift+Ctrl+Enter adalah kita akan menggunakan Array dalam rumus tersebut.

Karena kita menggunakan Array maka rumus yang tampil didalam kotak function adalah :


{=SUM(SUBSTITUTE(A2:C2;"cm";"")+0)&" cm"}


Tetapi jika cellnya diklik rumus tersebut akan normal kembali seperti dalamlangkah yang ke-2 diatas.

Mohon dicatat pastikan rumus yang dimasukan kedalam cell D2 adalah seperti rumus yang terdapat dalam langkah yang kedua diatas.



2. Menjumlahkan Angka Dengan Teks Menggunakan Rumus Excel SUM dan LEFT




Rumus yang akan digunakan dalam cara yang kedua adalah gabungan rumus SUM dengan LEFT.

Sedikit berbeda dengan pola diatas, dalam pola yang kedua ini kita tidak menghilangkan teksnya tetapi kita akan mengambil angkanya saja.

Mohon diperhatikan jika angka yang terdapat dalam cell tidak sama jumlah angkanya maka pola ini tidak bisa digunakan.

Untuk contohnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :



menjumlahkan angka yang mengandung teks dalam excel dengan rumus sum dan left


Dalam gambar diatas terlihat bahwa jumlah angka disetiap cellny adalah 2 sehingga ini memungkinkan kita untuk mengambil angka tersebut dengan rumus LEFT.

Seperti yang kita ketahui bahwa rumus LEFT dalam Excel dapat digunakan untuk mengambil teks dari sebuah cell.

Pola dari gabungan rumus LEFT dan SUM ini adalah pertama kita ambil angkanya dengan rumus LEFT dan selanjutnya angka tersebut akan kita jumlahkan dengan rumus Excel SUM.

Langkah - langkah untuk menjumlahkan teks yang disertai angka dengan rumus SUM dan LEFT adalah sebagai berikut :


  1. Klik atau letakan mouse dalam cell D2
  2. Masukan rumus sebagai berikut : =SUM(LEFT(A2:C2;2)+0)
  3. Tekan tombol Shift+Ctrl+Enter secara bersamaan
  4. Copy pastekan rumus dari cell D2 sampai dengan cell D5


Pola ini langkah - langkahnya hampir sama dengan cara yang pertama sehingga dalam kotak rumus akan ditambahkan tanda array atau tanda kurung {}.

Dalam rumus ini tidak disertakan satuan "cm" dan jika ingin menambahkannya silahkan ikuti rumus yang pertama dibagian akhirnya.

Pada dasarnya pola penjumlahan dalam Excel serta rumus yang digunakan banyak alternatifnya dan ini hanyalah salah satu dari beberapa aternatif yang mungkin bisa kita gunakan.

Yang menarik dari pembahasan artikel ini adalah apa yang dimaksud dengan Array dalam Excel ?

Khusus tentang penjumlahan yang menggunakan Array akan saya jelaskan dalam artikel tersendiri.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara menjumlahkan angka yang mengandung teks dengan rumus Excel, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

Related Posts

Post a Comment