Cara Menampilkan dan Menghitung Persen ( % ) / Persentase Dalam Microsoft Excel

Post a Comment
Menampilkan Persen ( % ) Dalam Excel - Fungsi persen (%) dalam Excel merupakan salah satu fungsi yang penting untuk pengolahan data. Icon atau lambang persen digunakan untuk mempermudah sebuah angka dengan kondisi per seratus. 
Selain itu banyak juga perhitungan pada Microsoft Excel yang menggunakan persen seperti bunga, diskon, komisi dan lain - lain.

Dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan fungsi persen pada Microsoft Excel untuk menghitung dan mengolah data yang menggunakan persen sebagai dasar.
 
 

Cara Menampilkan dan menghitung Persentase Dalam Excel

 
 
Untuk cara menggunakan fungsi persentase pada pembahasan ini kita akan bagi menjadi dua bagian.
 
Bagian yang pertama adalah bagaimana cara menampilkan persen dalam Excel serta yang kedua adalah bagaimana cara menghitung persentase.

1. Cara Menampilkan Persen ( % ) di Excel


Mirosoft Excel telah menyediakan fungsi untuk mengubah angka ke dalam format tertentu termasuk persen. Fitur ini akan mempermudah penggunanya karena hanya dengan klik satu fitur saja bisa untuk mengubah format seperti tanggal, persen dan bahkan angka desimal.

Ada 3 cara untuk merubah atau menampilkan persen dalam Microsoft Excel, yaitu :

1. Mengetikan Langsung


Cara yang pertama ini menurut saya adalah cara yang paling mudah. Dengan cara ini kita tinggal mengetikan tanda persen (%) dari keyboard komputer, maka secara otomatis persen tersebut akan muncul pada cell Excel.

2. Melalui Tab Persen (%)


Jika ingin menggunakan persen melalui tab yang telah disediakan maka ini bisa dilakukan. Caranya langsung klik logo % d itengah atas pada tab menu bar Excel. Ini saya gunakan pada Office 2007, mungkin untuk versi yang lain akan sedikit berbeda.

3. Melalui Dialog Format Cells


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa persen ini bisa juga digunakan melalui dialog Format Cells. Dalam dialog ini tersedia format yang lain selain persen. Untuk menggunakan persen melalui dialog format cells ini caranya adalah klik kanan pada excel-->format cells-->tab number-->percentage. Pilihan decimal places adalah untuk memunculkan angka persen desimal.

Itulah 3 cara bagaimana menampilkan persen dalam Microsoft Excel dan seperti yang telah saya sebutkan bahwa cara ini sangat mudah untuk dilakukan.

2. Cara Menghitung Persentase (%) di Excel


Konsep dasar perhitungan dalam persen tentu sudah dipahami oleh setiap orang. Dalam perhitungan persentase ada dua variabel yang harus ada dalam perhitungan tersebut. Dua variabel tersebut adalah nilai yang akan dihitung dan nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung tersebut.

1. Konsep Dasar Perhitungan Persen


Konsep persen dalam Excel sama dengan konsep umum yang berlaku dan digunakan untuk perhitungan persen tersebut. Konsep perhitungan persen secara umum adalah sebagai berikut :

Persen = Nilai              x100%
               Nilai Pembanding

Sebagai contoh misalkan dari target 100 juta seorang karyawan hanya mampu menjual barang sebesar 80 juta, berapa persen target tercapai ?

Jawaban untuk perhitungan di atas adalah sebagai berikut :

80 juta x 100% = 80%
100 juta

Terlihat bahwa pencapaian target untuk karyawan tersebut sebesar 80%, bagaimana penerapan cara tersebut di dalam Microsoft Excel ? lanjutkan membaca artikel berikutnya.

2. Contoh Perhitungan Persen Dalam Excel


Dalam perhitungan persen pada Excel pasti sama dengan rumus persen pada umumnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


contoh perhitungan excel persen


Dari gambar di atas dapat dilihat hasil pada kolom F yang merupakan persentase pencapaian target dari penjualan. Rumus yang digunakan terlihat pada kolom G dengan nilai adalah penjualan dan nilai pembanding adalah targetnya.

Penting !!!: Dalam rumus tersebut tidak dikalikan dengan 100 karena sebelum data tersebut diisi kolom F telah saya rubah formatnya menjadi persen (%) sehingga langsung dengan penulisan rumus tanpa dikalikan dengan 100. Jika Anda menghitung tanpa merubah format untuk cells excel tersebut wajib dikalikan dengan 100.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan persen dalam Microsoft Excel. 
 
Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca, dan jika merasa terbantu dengan artikel ini silahkan bagikan kepada teman - teman Anda yang mungkin sedang membutuhkan solusi untuk menyelesaikan pengolahan data yang berkaitan dengan persen.

Related Posts

Post a Comment