Membuat Tanggal Otomatis Dalam Excel Dengan Menggunakan Beberapa Rumus

Post a Comment
Tanggal Otomatis Dengan Excel - Fungsi tanggal merupakan salah satu dari beberapa fungsi dasar dalam Microsoft Excel. Fungsi Excel tanggal akan digunakan pada saat menghitung sesuatu dengan berbasis tanggal.  
Misalkan bagaimana cara menghitung usia pegawai atau lama bekerja seorang karyawan pada sebuah perusahaan atau bagaimana cara menghitung jatuh tempo sebuah Faktur untuk penagihan. Tentu kebutuhan tersebut pasti menggunakan dasar tanggal sebagai range penghitungnya.

Fungsi rumus Excel yang berkaitan dengan tanggal otomatis telah disediakan oleh Microsoft Excel. Ada beberapa fungsi Excel tanggal otomatis yang bisa Anda pelajari untuk mendukung pengolahan data pada sheet Excel tersebut. Fungsi ini pasti akan membantu Anda untuk mempermudah dan mempercepat pengolahan data terutama yang berkaitan dengan tanggal.
 
 

Membuat Tanggal Otomatis Dalam Excel Dengan Rumus  



Dalam artikel ini Saya akan menjelaskan beberapa fungsi tanggal otomatis pada Microsoft Excel yaitu Fungsi Month, Year, Day, Date, Date Value dan Today. Semua Fungsi Excel ini bisa dijalankan otomatis tetapi ada beberapa fungsi detail yang sedikit berbeda pada masing - masing fungsi tersebut.

Microsoft Excel menyimpan default seri tanggal untuk angka awal atau angka 1 adalah tanggal 1 Januari 1900. Jadi mohon dicatat bahwa setiap tanggal bisa ditampilkan menjadi deretan angka. Format yang diberikan akan memperlihatkan tanggal lengkap jika Anda menggantinya melalui format date & time.

Apa saja fungsi tanggal otomatis pada Microsoft Excel ? berikut akan saya bahas satu persatu :

1. Fungsi MONTH


Fungsi MONTH pada Microsoft Excel digunakan untuk mengambil atau menentukan bulan dari sebuah deret range tanggal. Nilai dan fungsi ini akan menghasilkan angka 1-12 yang merupakan angka dari bulan Januari - Desember.

Fungsi MONTH ini akan Anda gunakan jika membutuhkan bulan apa atau berapa dari range tanggal. Misalkan Anda akan mengambil bulan lahir dari tanggal pada sebuah range dalam Microsoft Excel.

Sama seperti penggunaan fungsi lainnya pada Microsoft Excel bahwa fungsi MONTH inipun membutuhkan sebuah range yang berisi angka. Angka tersebut berbentuk atau mempunyai format tangal yang lengkap atau terdiri dari tanggal, bulan dan tahun.

Syntax Fungsi MONTH
=MONTH(Tanggal)  

Tanggal : merupakan range yang berisi deretan angka / tanggal.

Untuk contoh penggunaan fungsi MONTH pada Microsoft Excel silahkan perhatikan gambar dibawah ini :

Fungsi tanggal otomatis pada excel
Contoh Fungsi MONTH, YEAR & DAY


Rumus Fungsi MONTH diatas adalah :

=MONTH(B4)
=MONTH(B5)
=MONTH(B6)

Pada gambar diatas terlihat bahwa tanggal dikolom B merupakan sebuah range yang menjadi dasar untuk pengambilan bulan. Kolom C merupakan hasil dari pengambilan data dengan menggunakan Fungsi MONTH.

2. Fungsi YEAR


Hampir sama dengan fungsi MONTH bahwa fungsi YEAR pada Microsoft Excel akan menghasilkan angka dari cell data dasar. Perbedaanya sudah jelas bahwa pada Fungsi MONTH menghasilkan bulan sedangkan pada Fungsi YEAR akan menghasilkan tahun.

Sumber data awal yang dibutuhkan oleh Fungsi YEAR pada Microsoft Excel adalah sebuah range yang berisi angka dengan format tanggal, bulan dan tahun. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa hasil dari fungsi ini akan menghasilkan tahun dari range tersebut. 

Syntax Fungsi YEAR
=YEAR(Tanggal)  

Untuk contoh penggunaan fungsi YEAR pada Microsoft Excel silahkan perhatikan gambar pada contoh diatas ( contoh Fungsi MONTH ). Pada gambar tersebut terlihat bahwa rumus yang digunakan untuk Fungsi YEAR dengan tujuan mengambil tahun dari range B adalah : 

=YEAR(B4)
=YEAR(B5)
=YEAR(B6)

Sebagai hasil dari rumus tersebut terlihat pada kolom E yaitu : 2018, 2017 dan 2016

3. Fungsi DAY


Fungsi DAY pada Microsoft Excel akan menghasilkan angka mulai dari 1 sampai dengan 31 sebagai rentang tanggal yang diambil dari range dasar yang berisi tanggal, bulan dan tahun. Fungsi ini digunakan jika Anda akan menampilkan tanggal dari sebuah range tanpa memunculkan bulan dan tahun.

Syntax Fungsi DAY
=DAY(Tanggal)  

Untuk contoh penggunaan Fungsi DAY pada Microsoft Excel silahkan perhatikan contoh gambar diatas. Pada contoh tersebut terlihat bahwa hasil penggunaan Fungsi tersebut pada kolom G merupakan tanggal yang ditampilkan berdasarkan range awal yaitu kolom B. Rumus yang digunakan untuk mengambil tangal tersebut adalah :

=DAY(B4)
=DAY(B5)
=DAY(B6)

4. Fungsi DATE dan DATEVALUE


Fungsi DATE dalam Microsoft Excel akan menghasilkan sebuah deretan tanggal berdasarkan beberapa angka yang merupakan tanggal, bulan dan tahun. Jika ada sebuah deretan angka dalam kolom yang merupakan sebuah informasi tentang tanggal, bulan dan tahun tetapi Anda ingin menggabungkannya menjadi sebuah deretan angka ( tanggal, bulan dan tahun ) dalam satu kolom maka bisa menggunakan Fungsi DATE ini. Dengan kata lain Fungsi DATE ini akan menggabungkan angka menjadi sebuah baris dengan format tanggal.

Fungsi DATEVALUE akan mengubah sebuah deretan tanggal menjadi angka numerik. Jika ada sebuah data yang berbentuk teks dan akan diubah menjadi sebuah tanggal maka bisa menggunakan Fungsi ini.

Dalam penggunaanya fungsi DATE mempunyai 3 argumen yang harus dipahami yaitu :

  1. Tahun : Merupakan tahun dari deretan angkan yang ingin dihasilkan.
  2. BulanMerupakan bulan dari deretan angkan yang ingin dihasilkan.
  3. TanggalMerupakan tanggal dari deretan angkan yang ingin dihasilkan.


Syntax Fungsi DATE
=DATE(Tahun;Bulan;Tanggal)

Syntax Fungsi DATEVALUE
=DATEVALUE(Tanggal) 

Fungsi DATE dan DATEVALUE memiliki data dasar yang sama yaitu sebuah deretan angka dengan format tanggal, tetapi mempunyai hasil yang berbeda dari kedua fungsi tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

penggunaan fungsi date dan date value dalam excel


Pada contoh penggunaan yang terdapat dalam gambar diatas terlihat bahwa untuk fungsi DATE akan menghasilkan sebuah deretan hasil berupa angka dengan format tanggal atau menggabungkan beberapa angka menjadi format tanggal.

Untuk fungsi DATEVALUE akan menghasilkan sebuah deretan angka numeric, tetapi sebenarnya ini hanya untuk view saja karena jika kolom tersebut diubah manual formatnya menjadi tanggal dari format cell maka akan menghasilkan deretan angka yang sama seperti pada fungsi DATE.

5. Fungsi TODAY dan NOW


Fungsi TODAY dan NOW dalam Mincosoft Excel akan menghasilakn tanggal saat ini. Perbedaannya untuk fungsi NOW menampilkan tanggal hari ini lengkap dengan jamnya sedangkan untuk TODAY hanya menampilkan tanggal saja.

Kelebihan dari kedua fungsi ini adalah hasil dari angka tanggal tersebut akan diperbaharui saat file excel trsebut dibuka dan akan disesuaikan dengan tanggal dan jam saat excel tersebut dibuka sehingga tanggal tersebut akan terus update.

Cara menggunakan dua fungsi ini sangat mudah karena tidak memerlukan sebuah data atau angka dasar yang akan diambil untuk dihitung atau dirubah sesuai dengan fungsi yang digunakan.

Syntax Fungsi TODAY
=TODAY()

Syntax Fungsi NOW
=NOW() 

Seperti terlihat pada syntax diatas bahwa penggunakan fungsi TODAY dan NOW sangat mudah dan hasil dari fungsi tersebut akan terus diupdate sesuai dengan tanggal dan jam hari ini. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

penggunaan fungsi today dan now dalam excel

Dari gambar diatas terlihat bahwa fungsi TODAY hanya menampilkan tanggal sedangkan fungsi NOW lengkap dengan jam pada hari tersebut. Untuk penggunaanya dapat ditambahkan pengurangan atau penambahan terhadap hasil dari fungsi tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah beberapa fungsi dasar dalam Microsoft Excel yang berhubungan dengan format tanggal. Fungsi dasar ini harus dipelajari karena akan dibutuhkan dalam penggunaan fungsi lainnya jika membutuhkan sebuah deretan angka yang berebntuk tanggal. Jika ada penjelasan yang kurang dipahami mari kita diskusikan mengenai penggunaan fungsi tanggal otomatis pada Microsoft Excel ini. Saya berharap semoga artikel ini membantu Anda dalam menyelesaikan masalah tentang format tanggal dalam Microsoft Excel

Related Posts

Post a Comment